Pameran teknologi bertaraf internasional digelar di Jakarta International Expo Kemayoran bertajuk Indonesia International Bus Truck and Components 2010. Acara berlangsung empat hari, mulai Rabu 24 Maret 2010 hingga Sabtu 27 Maret 2010. Tak kurang dari 10 negara ambil bagian dalam even kali ini.
Pukul 09.00 pameran dibuka. Kemeriahan terlihat dengan tampilnya tari-tari tradisional Indonesia. Turut membuka acara adalah Bp. Darmadi selaku Dirjen Perdagangan dan Perindustrian. Setelah resmi dibuka, pengunjung dipersilahkan berkeliling melihat stand demi stand.
Dari industri karoseri tampil antara lain New Armada, Tri Sakti, Laksana, Agustus, juga MBM. Tak lupa, komponen pendukung seperti penyejuk udara juga menampilkan produk unggulannya. Sebut saja misalnya Denso, Thermo King, Sutrak, dan Seongz. Truk juga tak mau ketinggalan. Ada Foton dan juga mesin-mesin handal dari Askarindo Mobilindo.
Tri Sakti menampilkan produk terbarunya yakni Phoenix LX. Bermodal sasis MB 1526 gress, mereka memikat pengunjung dengan tampilan segar Phoenix LX Orange Edition.
Masih dengan MB 1526, Laksana tampil percaya diri dengan Legacy. Karoseri dari Ungaran, Jawa Tengah ini mengandalkan dua unit Legacy. Satu di dalam hall, sedangkan sisanya diparkir di jalaman depan.
Berbagai teknologi bis, truk, dan aneka komponen tersaji lengkap. Para pengunjung cukup antusias. Semakin siang pengunjung semakin bertambah. Lalu lalang pengunjung menambah kemeriahan IIBT 2010.
Evobus
Evobus
Evobus
Sementara itu, New Armada meluncurkan produk premiumnya yang diberi nama Evobus. Dengan tagline the evolutionext, Evobus membuat takjub para pengunjung. Acara peluncurannya terbilang mewah dan meriah. Evobus merupakan produk hasil pengembangan yang dilakukan New Armada sejak tahun lalu dengan nilai investasi sebesar Rp. 5 miliar. Didesain secara matang untuk mengakomodir kepentingan dan keinginan konsumen, Evobus diklaim telah disesuaikan dengan kondisi jalan, cuaca dan karakteristik demografis Indonesia. New Armada menegaskan produk tersebut telah diproduksi dengan standar konsep agen tunggal pemegang merek (ATPM), baik dari sisi komponen eksterior dan interior.
“Kalau diperhatikan secara detail Evobus banyak bermain diurusan design, karena kita memang mengadaptasi dari design-design bus Eropa,” papar Deddy Hermawan, Design Supervisor New Armada.
“Kita ciptakan bus dengan desain seperti ini, karena kebutuhan akan kenyamanan dalam bepergian, merupakan tuntutan yang selalu ingin didapatkan oleh para penumpang,” ungkap David Hermanjaya selaku pemilik karoseri New Armada.
Keunggulan lain yang ditawarkan adalah teknologi terbaru yang disematkan pada mobil-mobil terbarunya. Pada seri ini telah dipasangkan GPS dan CCTV yang dilengkapi rear view untuk memudahkan parkir. Ada juga perlengkapan elektronik seperti LCD TV 19” serta compartemen yang dilengkapi dengan lampu LED seperti di pesawat terbang.
Setiap unit Evobus dibanderol dengan harga Rp 300 juta dalam bentuk bodi saja. Jika berikut sasis dan fitur lainnya, maka per unitnya dibanderol Rp 1 miliar. “Target kami tak muluk-muluk, hanya 50 unit per bulan karena memang menyasar pada segmen premium,” papar Indra Krisna, Marketing General Manager New Armada di sela-sela acara peluncuran.
“Kami sudah mendapat pesanan sebanyak 10 uni Evobus. Segmen bus super premium saat ini terus berkembang, seiring keinginan pelanggan yang mengharapkan produk yang lebih nyaman, aman, kuat dan stylish,” ujar Indra.
Booth BMC
Booth BMC
BisMania Community
Stand BisMania Community (BMC) cukup mencuri perhatian pengunjung. Di tengah hingar-bingarnya pameran teknologi, stand BMC hadir menyejukkan suasana. Sebuah komunitas penggemar bis terbesar di Indonesia tampil memeriahkan IIBT 2010. Asal tahu saja, ya BMC inilah satu-satunya komunitas yang turut berpartisipasi.
Pengunjung silih berganti menyambangi stand yang digawangi Trio Macan (Mantap, Cakep dan Menawan) yakni Mas Wahyudi Irianto, Mas Harsono, dan Mas Habib Jaya. Mereka bertiga cukup sabar menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari para pengunjung. Mulai dari yang domestik maupun mancanegara. Malahan, pengunjung dari mancanegara cukup apresiatif dengan keberadaan BMC.
Pameran yang dihelat Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia) ini rencananya akan digeber juga tahun depan. Kita tunggu saja sensasi berikutnya *****
(artikel oleh Bowo, sumber lainnya : web.bisnis.com, otomotif.kompas.com, www.otomotifnet.com, oto.detik.com)
Selasa, 30 Maret 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar